Rekomendasi angkringan di Jakarta Pusat

Jakarta, ibukota negara Indonesia, merupakan salah satu kota yang memiliki beragam tempat makan dan minum. Angkringan merupakan salah satu jenis tempat makan yang menyajikan makanan dan minuman khas Indonesia dengan harga yang terjangkau. Banyak angkringan yang tersebar di seluruh Jakarta, termasuk di Jakarta Pusat. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi angkringan di Jakarta Pusat yang wajib dicoba bagi Anda yang ingin mencicipi makanan dan minuman khas Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Beberapa rekomendasi angkringan di Jakarta Pusat yang terkenal dan populer di antaranya adalah:

  1. Angkringan Kaki Lima (AKL) di Jalan Pintu Besar Selatan
  2. Angkringan Bu Edi di Jalan Kramat Raya
  3. Angkringan Bu Narti di Jalan Kramat Raya
  4. Angkringan Pak Andik di Jalan Cikini Raya
  5. Angkringan Pak Jay di Jalan Kramat Raya.

Semua rekomendasi di atas menyajikan makanan dan minuman khas Indonesia yang lezat dan terjangkau harganya.

1. Angkringan Kaki Lima

Angkringan Kaki Lima (AKL) berada di Jalan Pintu Besar Selatan, Jakarta Pusat. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Monas, Museum Nasional, dan Pasar Baru. Lokasi ini juga mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti bus dan kereta.

2. Angkringan Bu Edi

Angkringan Bu Edi berada di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Lokasinya terletak di tengah kota dan dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Taman Suropati dan Pasar Senen. Angkringan ini menyajikan makanan dan minuman khas Indonesia yang lezat dan terjangkau harganya. Lokasi ini juga mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti bus dan kereta.

3. Angkringan Bu Narti

Angkringan Bu Narti juga berada di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Seperti Angkringan Bu Edi, lokasinya juga terletak di tengah kota dan dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Taman Suropati dan Pasar Senen. Angkringan Bu Narti ini menyajikan makanan dan minuman khas Indonesia yang lezat dan terjangkau harganya. Lokasi ini juga mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti bus dan kereta.

4. Angkringan Pak Andik

Angkringan Pak Andik berada di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Taman Ismail Marzuki dan Museum Nasional. Lokasi ini juga mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti bus dan kereta. Angkringan ini menyajikan makanan dan minuman khas Indonesia yang lezat dan terjangkau harganya.

5. Angkringan Pak Jay

Angkringan Pak Jay juga berada di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Seperti Angkringan Bu Edi, Angkringan Bu Narti, lokasinya juga terletak di tengah kota dan dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Taman Suropati dan Pasar Senen. Angkringan ini menyajikan makanan dan minuman khas Indonesia yang lezat dan terjangkau harganya. Lokasi ini juga mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti bus dan kereta.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih angkringan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih angkringan, diantaranya:

  1. Kebersihan: pastikan angkringan yang akan Anda pilih bersih dan bebas dari kuman dan debu.
  2. Kualitas makanan: pastikan makanan yang disajikan di angkringan tersebut segar dan diolah dengan baik.
  3. Harga: pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas makanan yang disajikan.
  4. Pelayanan: pastikan pelayanan di angkringan tersebut baik dan cepat.
  5. Tempat duduk: pastikan tempat duduk di angkringan tersebut cukup nyaman dan tidak sesak.
  6. Keamanan: pastikan angkringan tersebut aman dan bebas dari kejahatan.
  7. Waktu buka: pastikan angkringan tersebut buka pada saat Anda akan mengunjunginya.
  8. Rekomendasi: bertanyalah pada warga setempat atau melalui media sosial untuk mendapatkan rekomendasi angkringan yang terkenal dan berkualitas.

Biaya yang diperlukan saat membuka usaha angkringan

Biaya yang diperlukan untuk membuka usaha angkringan bisa cukup besar tergantung pada skala usaha yang akan dibuka. Beberapa biaya yang harus diperhitungkan antara lain:

  1. Biaya sewa tempat: Biaya sewa tempat untuk angkringan bisa cukup tinggi tergantung pada lokasi yang dipilih.
  2. Biaya peralatan: Biaya peralatan yang dibutuhkan seperti meja, kursi, piring, sendok, garpu, dll.
  3. Biaya bahan baku: Biaya bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat makanan dan minuman.
  4. Biaya listrik, air, dan telepon: Biaya untuk listrik, air, dan telepon untuk keperluan angkringan.
  5. Biaya promosi: Biaya untuk promosi dan pemasaran angkringan seperti iklan, brosur, dll.
  6. Biaya pajak: Biaya pajak yang harus dibayar kepada pemerintah.
  7. Biaya tenaga kerja: Biaya untuk membayar tenaga kerja seperti koki, pelayan, dll.
  8. Biaya operasional lainnya: Biaya lainnya seperti perawatan alat, dll.

Biaya yang tercantum di atas hanyalah estimasi dan bisa berbeda-beda sesuai dengan lokasi, skala usaha dan situasi tertentu. Sebaiknya sebelum membuka usaha angkringan, dilakukan riset dan perencanaan yang matang untuk mengetahui biaya yang diperlukan dan membuat rencana keuangan yang realistis.

Peluang usaha angkringan

Peluang usaha dalam bidang angkringan cukup menjanjikan di Indonesia. Beberapa faktor yang membuat peluang usaha angkringan menjanjikan antara lain:

  1. Pertumbuhan ekonomi: Pertumbuhan ekonomi yang stabil di Indonesia menyebabkan tingginya daya beli masyarakat, sehingga peluang usaha angkringan cenderung lebih baik.
  2. Kemudahan akses transportasi: Kemudahan akses transportasi membuat masyarakat lebih mudah untuk mengunjungi angkringan.
  3. Perkembangan teknologi: Perkembangan teknologi seperti internet dan media sosial memberikan kesempatan untuk mempromosikan usaha angkringan dengan lebih mudah dan efektif.
  4. Permintaan yang tinggi: Permintaan makanan dan minuman khas Indonesia yang tinggi di kalangan masyarakat membuat peluang usaha angkringan cukup baik.
  5. Bisnis dengan modal kecil: Angkringan merupakan bisnis yang dapat dijalankan dengan modal kecil, sehingga cocok bagi para pengusaha yang baru memulai bisnis.
  6. pengalaman masyarakat yang luas: Angkringan sudah menjadi tradisi masyarakat dan merupakan tempat berkumpulnya masyarakat sehingga peluang usaha angkringan cukup baik.

Namun, seperti bisnis lainnya, peluang usaha angkringan juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti persaingan, peraturan pemerintah, dan situasi pasar. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan riset dan perencanaan yang matang sebelum memulai usaha angkringan.

Secara keseluruhan, angkringan merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan di Indonesia. Dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil, kemudahan akses transportasi, perkembangan teknologi, permintaan yang tinggi, modal kecil, dan pengalaman masyarakat yang luas, peluang usaha angkringan cukup baik. Namun, seperti bisnis lainnya, peluang usaha angkringan juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti persaingan, peraturan pemerintah, dan situasi pasar. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan riset dan perencanaan yang matang sebelum memulai usaha angkringan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan faktor kebersihan, kualitas makanan, harga, pelayanan, tempat duduk, keamanan, waktu buka, dan rekomendasi yang dapat mempengaruhi kesuksesan usaha angkringan.